,

Field Trip IKT UGM ke B2P2VRP Salatiga

Tropmed UGM – Kamis (22/06/2023) program studi Ilmu Kedokteran Tropis UGM melakukan kunjungan ke Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2RVP) Salatiga. Field trip dilaksanakan selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat tanggal 22-23 Juni 2023. Pada kegiatan ini mahasiswa diajak untuk mendalami materi mengenai Blok Zoonis dan Pengendalian Vektor yang telah diajarkan pada sesi perkuliahan melalui kegiatan lapangan.

Di hari pertama, IKT UGM disambut disambut langsung oleh Plt. Kepala B2P2VRP Salatiga, Lulus Susanti, SKM., MPH. dan Mega Tyas P. A.Md. AK. dengan memperkenalkan secara singkat mengenai lembaga tersebut. Mahasiswa memperloleh penjelasan mengenai materi tentang Vector-Borne Disease in Indonesia, Leptospirosis, langkah pemberdayaan masyarakat untuk pengendalian penyakit tular vektor dan zoonis, dan teknik sampling nyamuk yang dipandu langsung oleh tim pengelola B2P2VRP Salatiga.

Di hari kedua, mahasiswa belajar mengenai morfologi nyamuk secara langsung di laboratorium sesuai dengan jenis-jenisnya. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan bersama ke Museum Duver yang berisi informasi, dokumentasi, dan peragaan eko-bionomi tentang pengendalian vektor dan reservoir penyakit, Kegiatan berjalan dengan lancar dan mahasiswa kembali ke kampus dengan selamat.