,

Online Guest Lecture Bersama Prof. dr. Sylvie Manguin, Ph.D. dengan Tema “The Importance of Mosquito Biology and Taxonomy in Vector-Borne Diseases Control”

Tropmed – Senin (27/06/2023) program studi Ilmu Kedokteran Universitas Gajah Mada mengadakan kegiatan Online Guest Lecture dengan tema “The Importance of Mosquito Biology and Taxonomy in Vector-Borne Diseases Control” bersama dengan Prof. dr. Sylvie Manguin, Ph.D. dari French National Research Institute for Sustainable Development (IRD) Faculté Pharmacie, Université Montpellier (UM). Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting pada pukul 15.00 WIB dan diikuti oleh 80 peserta secara keseluruhan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peserta mengenai pentingnya pengetahuan mengenai proses biologi nyamuk khususnya nyamuk malaria dalam siklus penularan vektor untuk mengantisipasi berbagai dampak buruk akan hal tersebut. Peserta diberikan wawasan mengenai bagaimana gambaran penyakit tular vektor di berbagai negara khususnya di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan dan Indonesia itu sendiri. Fokus paparan materi yang diberikan berupa data persebaran penyakit di dunia dan bagaimana dunia merancang strategi pencegahan penularan penyakit agar tidak semakin meluas.

Pada akhir sesi, peserta berdiskusi bersama dengan narasumber melalui perantara moderator. Proses diskusi berjalan dengan baik dan peserta terlihat antusias untuk mencari tahu lebih dalam tentang materi pembahasan. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai penutupan acara.