,

Roadshow Ilmu Kedokteran Tropis UGM ke Fakultas Kedokteran UNSOED

Tropmed (14/12/2023) Pada Selasa, 12 Desember 2023 prodi Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM melaksanakan Roadshow di Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Fokus kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa program studi sarjana kedokteran di FK UNSOED mengenai apa saja kelebihan serta bidang kompetensi yang disediakan di prodi Ilmu Kedokteran Tropis. Prodi Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM memiliki 3 bidang konsentrasi utama, yaitu Ilmu Penyakit Tropis, Imunologi dan Biologi Molekuler, dan Entomologi Kesehatan. Prodi Ilmu Kedokteran Tropis juga membuka peluang kepada calon mahasiswa dari lulusan non-kedokteran seperti farmasi, biologi, kedokteran gigi, gizi dan kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, tim prodi Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM juga memperkenalkan mengenai bagaimana tata cara pendaftaran dan syarat administrasi yang perlu dilengkapi ketika mendaftar. Beberapa berkas yang dipersiapkan diantaranya yaitu:
1. Dokumen Ijazah atau surat keterangan lulus (Khusus Lulusan UGM)
2. Tes Bahasa Inggris
3. Tes Kemampuan Akademik
4. Rekomendasi 2 orang dosen atau atasa (bagi yang sudah bekerja)

Tak hanya soal administratif, prodi Ilmu Kedokteran Tropis juga turut membagikan informasi mengenai bagaimana kurikulum pembelajaran dilaksanakan di FK-KMK UGM yang dapat juga menjadi referensi bagi FK UNSOED untuk mengembangkan model pembelajaran yang serupa. Alumni dan mahasiswa Prodi Ilmu Kedokteran Tropis juga turut serta diterjunkan pada kegiatan Roadshow untuk memberikan testimoni mengenai bagaimana sistem perkuliahan dan pembelajaran bersama dosen pakar yang mengajar. Dr. Dra. Ning Rintiswati, M.Kes. selaku narasumber juga memberikan tambahan mengenai gambaran kegiatan perkuliahan, sebagaimana yang dimaksud pada tujuan pembelajaran program studi. Roadshow diikuti sekitar 40 orang peserta dari mahasiswa program studi S1 pendidikan kedokteran dan beberapa jajaran pimpinan di Fakultas Kedokteran UNSOED. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir sesi penyampaian materi.

Penulis: Fikri Wahiddinsyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.