,

Online Guest Lecture Kedokteran Tropis UGM dengan Tema “Emerging Infectious Diseases”

Tropmed (17/12/2023) Pada Jumat, 15 Desember 2023 lalu, Prodi Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM kembali mengadakan kegiatan Online Guest Lecture dengan tema “Emerging Infectious Diseases”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan melibatkan berbagai unsur tenaga kependidikan di Prodi Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM sebagai tim panitia. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah dr. Inke Nadia D. Lubis, M.Ked(Ped)., Sp.A., Ph.D., seorang dosen sekaligus pakar penyakit tropis dari Universitas Sumatera Utara. Fokus kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi peserta mengenai apa saja jenis-jenis dan cara pencegahan penyakit infeksi menular yang ada di dunia.

dr. Inke Nadia D. Lubis menjelaskan bahwa wilayah benua asia merupakan salah satu pusat aktifitas penyakit menular yang ada di dunia. Hal tersebut dikarenakan jumlah populasi dan kepadatan di benua Asia sangatlah tinggi sehingga meningkatkan resiko perpindahan penyakit infeksi menular tersebut. Mengutip data dari Our World in Data, menyebutkan bahwa rata rata kepadatan penduduk di asia mencapai 50 – 500 orang per kilometer dengan jumlah terbanyak berada di Bangladesh. Selain itu, tingginya tingkat urbanisasi dan perubahan lingkungan dan penggunaan lahan juga turut memperparah keadaan. Hal tersebut dikarenakan perubahan cuaca yang eksterm memicu terjadinya berbagai macam penyakit yang dapat mengancam hidup manusia. dr. Inke juga menambahkan bahwa jumlah kemiskinan yang tinggi dan kurang memadainya sistem kesehatan juga turut menjadikan wilayah Asia sangat beresiko untuk terjadi masalah kesehatan global.

Beragam penyakit infeksi menular yang berujung pandemi telah terjadi seiring berjalannya waktu. Beberapa pandemi yang pernah terjadi diantaranya yaitu wabah Black Death, Spanish Flu, Smallpox, HIV/ AIDS, H1N1, dan wabah yang baru saja terjadi yaitu Pandemi Covid-19 dari China. Adanya penyakit yang bermunculan tersebut menjadikan umat manusia rentan terkena berbagai jenis penyakit berbahaya yang terjadi melalui kontak hubungan antara manusia, hewan dan lingkungan. Maka dari itu, perlu adanya pendekatan One Health untuk menekan kasus penyebaran penyakit infeksi menular tersebut. One Health sendiri merupakan pendekatan yang didesain dengan mengimplementasikan program, kebijakan, legislasi, dan penelirian pada berbagai sektor melalui kerja sama untuk mencapai kesehatan publik yang lebih baik.

Melalui kegiatan Online Guest Lecture diatas, diharapkan wawasan peserta mengenai penyakit infeksi menular di dunia semakin bertambah. Peserta online guest lecture kali ini tampak bersemangat dengan total sebanyak 80-an peserta di dalamnya. Prodi Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM akan terus mengembangkan bidang keilmuan penyakit tropis guna menyumbangkan ide dan gagasan inofatif untuk mendorong angka kesehatan publik (Public health).

Materi kegiatan dapat diakses melalui tautan ugm.id/MateriOnlineGuestLectureEmergingInfectiousDiseases
Rekaman zoom meeting dapat diakses melalui: https://www.youtube.com/watch?v=x89o7TMJcVs

Penulis: Fikri Wahiddinsyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.