, ,

Prodi Magister Ilmu Kedokteran Tropis Melakukan Pengabdian di SD Negeri Kemadang Gunung Kidul

Tropmed (10/10/2023) Pada Senin, 09 Oktober 2023, prodi magister Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM melakukan pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) di SD Negeri Kemadang, Gunung Kidul. Sasaran kegiatan pengabmas tersebut adalah siswa kelas 4 dan 6 dengan jumlah total siswa sebanyak 49 orang. Salah satu dosen prodi yang ikut serta dalam kegiatan pengabmas ini adalah Prof. Dr. drh. Wayan T. Artama dari Departemen Biokomia, Fakultas Kedokteran Hewan.

Fokus pengabmas kali ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit cacingan. Kegiatan dilanjut dengan pemeriksaan fisik siswa oleh dokter yang bertugas. Pemeriksaan fisik tersebut berupa pengecekan telinga, mata, mulut, kuku, dan rambut. Hasil dari pemeriksaan tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak sekolah untuk nantinya disampaikan kepada orang tua/ wali siswa apabila ditemukan adanya masalah kesehatan pada siswa yang bersangkutan.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh pihak sekolah serta antusiasme guru dan siswa dalam mengikuti pengabmas sangat tinggi. Kepala sekolah SD Negeri Kemadang, Sri Zuhana Idayatun, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan pengabmas di bidang kesehatan ini sangat membantu para siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan dalam hal kesehatan. Harapannya, kegiatan pengabmas ini dapat terus berjalan untuk memberikan ilmu pengetahuan baru dalam bidang kesehatan kepada masyarakat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.