, ,

Belajar Terkait Vaksin di Bio Farma, dari Produksi hingga Penyaluran ke Penjuru Negeri

Tropmed UGM – Mahasiswa yang tergabung dari tiga program studi magister di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM melakukan kunjungan ke PT Bio Farma Bandung pada hari senin (20/03).

Rangkaian kunjungan ini merupakan bagian dari perkuliahan Strategy to Improve Supply and Utilization of Drugs and Vaccine for Tropical Diseases bagi mahasiswa prodi Magister Ilmu Kedokteran Tropis dan Implemetation Research. Selain kedua prodi tersebut, turut serta mahasiswa Magister Ilmu Biomedik dengan konsentrasi Farmokologi.

Rombongan berjumlah 40 mahasiswa ditemani dosen dan tenaga kependidikan. PT Bio Farma Bandung sendiri baru kali pertama menerima kunjungan dari instansi luar setelah beberapa tahun menutup kunjungan karena pandemi.

Pada kunjungan ini, mahasiswa diberikan informasi profil PT Bio Farma. PT Bio Farma menjelaskan berbagai kegiatan yang ada di sini. Mulai dari proses pembuatan vaksin ataupun obat, prosedur pemeriksaan, pengiriman sesuai standar yang ketat, penyimpanan vaksin ataupun obat, hingga penyaluran di pelosok negeri.

Mahasiswa juga diberikan paparan dari tiap bidang yang dikerjakan oleh PT Bio Farma. Berbagai pemaparan tiap sesi diselingi dengan tanya-jawab. Mahasiswa berdiskusi dengan petugas Bio Farma dengan topik spesifik yang sudah ditentukan dan disesuaikan dengan matakuliah diambil.

Berbagai pertanyaan mahasiswa dibatasi lingkup persediaan vaksin sebagai Program Pengembangan Imunisasi, peran Bio Farma dalam penyediaan vaksin, distribusi vaksin ke seluruh penjuru negeri, penyimpanan vaksin agar tetap sesuai suhu yang tepat, pengelolaan keamanan vaksin, produksi vaksin, maupun proses uji coba vaksin sebelum disebarkan ke seluruh negeri.

Mahasiswa merespon dan mengapresiasi kinerja PT Bio Farma yang sudah bekerja dengan sangat hebat untuk Indonesia. Selesai tanya-jawab, mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok kecil untuk melihat berbagai fasilitas dan aktivitas di PT Bio Farma.

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan sudah menjalin kerjasama dengan PT Bio Farma melalui program studi yang relevan. Tiap tahun, mahasiswa dari tiga prodi ini melakukan kunjungan untuk memperdalam ilmu terkait vaksin dan lainnya yang ada di PT Bio Farma.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.