, ,

Field Trip Perkuliahan One Health Mahasiswa ke Kulon Progo

Tropmed UGM – Masiswa Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM beserta beberapa mahasiswa FKH yang mengambil matakuliah One Health melakukan kunjungan lapangan untuk memperkaya khasanah keilmuannya. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari kamis (16/06) di beberapa instansi dan rumah warga.

Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama selaku koordinator matakuliah One Health mengatakan pentingnya mahasiswa untuk mendapatkan informasi terkait penyakit zoonosis dari hewan yang dapat ditularkan ke manusia.

Rombongan mahasiswa bersama dosen ini mengunjungi Balai Besar Veteriner Wates. Di sini, pihak Balai Besar Veteriner Wates memaparkan informasi terkait zoonosis yang ditangani bersama Dinkes Kulon Progo. Pemaparan berlanjut dari pihak Dinkes Kulon Progo dengan tema yang sama.

Selanjutnya, rombongan menuju Puskesmas Girimulyo 2, Kulon Progo. Di sini mahasiswa berdiskusi dan mendapatkan pemaparan informasi terkait penanganan penyakit antraks di wilayah Girimulyo pada tahun 2016.

Agenda terakhir dari rombongan mahasiswa ini mengunjungi rumah warga di desa yang pernah terkena Antraks. Di sini mahasiswa berdiskusi dengan kepala dukuh, lurah, serta pihak-pihak terkait. Mahasiswa mendapatkan banyak informasi dari masyarakat setempat tentang penyakit antraks yang sempat menyebar di desa tersebut.

Setelah kasus antraks di tahun 2016, di Girimulyo hingga sekarang tidak ada kasus lagi. Mahasiswa melihat lokasi penyembelihan hewan yang sudah disemen dan tidak digunakan untuk pertanian. Pada matakuliah One Health, mahasiswa juga diajak untuk melakukan pemetaan wilayan menggunakan drone.

Di tahun 2019, mahasiswa diajak praktek pemetaan wilayah oleh dosen Barandi Sapta Widartono, S.Si., M.Si., M.Sc. Hanya saja, kunjungan kemarin tidak mekukan pemetaan wilayah karena hujan deras di lokasi.

One Health merupakan matakuliah yang ada di Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM. Matakuliah ini biasanya diambil juga oleh mahasiswa S2 Fakultas Kedokteran Hewan dengan konsentrasi tertentu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.