Kursus Entomologi Molekuler 2019

Tropmed UGM – Bulan Februari 2019, S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM kembali menyelenggarakan kursus Entomologi Molekuler. Kursus ini pernah dilaksanakan pada tahun 2017 selama dua kali. Berhubung antusias calon perserta bertambah banyak, di tahun 2019, kursus kembali dilaksanakan. Kursus ini pada tanggal 27-28 Februari 2019.

Pembukaan kursus ini dilakukan secara bersa oleh Ketua Panitia Kursus Biologi Molekuler, dr. Tri Baskoro T Satoto, M.Sc.., Ph.D dan dr. E. Elsa Herdiana Muhandarwati, M.Kes., Ph.D selaku Kaprodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM.

Pada kursus ketiga kali ini, pelaksanaan kuliah di Auditorium Gedung Tahir (Gedung Pascasarjana FKKMK UGM). Peserta berjumlah 32 orang berasal dari berbagai instansi di Indonesia. Mulai dari Sumatera hingga Papua. Tahun ini, sedikit lama pelaksanaannya. Kursus dilaksanakan selama 1.5 hari. Hal ini agar penyampaian materi dan praktikum lebih nyaman.

Narasumber yang mengisi dari bagian Parasitologi FKKMK UGM dan dari B2P2VRP Salatiga. Sementara untuk praktikum, peserta melakukan PCR di Laboratorium Parasitologi dan Laboratorium Terpadu. Pelaksanaan kursus dilakukan dengan baik, usai pemaparan materi, berlanjut dengan praktikum di laboratorium. Adapun parktikum yang dilakukan adalah Teknik Isolasi DNA dan PCR. Tiap peserta dapat melihat hasil PCR yang sudah dilakukan.

Tiap peserta diharapkan berperan aktif, sehingga nantinya kursus yang didapatkan ini bisa mereka terapkan di tempat kerja masing-masing. Selain kursus Entomologi Molekuler, nantinya di pertengahan bulan Maret, kembali S2 Ilmu Kedokteran Tropis melaksanakan kursus Biologi Molekuler dan Imunologi. Kursus ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahun dengan peserta yang cukup banyak mengikutinya.

Pada hari terakhir, sebelum kursus selesai, penutupan dilakukan oleh dr. Ida Safitri Laksanawati, SpA(K) selaku Seprodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM. Beliau berharap agar kursus Entomologi Molekuler bisa menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh prodi bekerjasama dengan bagian Parasitologi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.