Mengajak Masyarakat Berperan Serta dalam Memberantas Nyamuk

Tropmed UGM – Seminar Nasional Hari Nyamuk 2017 dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2017 di Hotel Eastparc. Acara ini berlangsung atas kerja sama Program Studi S2 Ilmu Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran UGM dengan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik (P2PTVZ) Kementerian Kesehatan RI. Acara Seminar ini berlangsung selama 8 jam, diikuti lebih dari 350 peserta yang terdiri dari berbagai instansi di Indonesia.

Pada seminar berlangsung ditekankan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Dr.H. M. Subuh, MPPM bahwa tingkat keberhasilan dalam memberantas nyamuk tidak lepas dari peran masyarakat yang peduli dengan lingkungannya. Telihat dalam kurun waktu 2-3 tahun terakhir, tingkat keberhasilan dalam memberantas nyamuk sangat tinggi.

Di kesempatan yang sama, Kaprodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis, dr. E. Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes, Ph.D mengungkapkan harapannya agar nantinya tema dalam seminar ini mendorong peneliti agar terinspirasi dalam penelitiannya. Terlebih S2 Ilmu Kedokteran Tropis terdapat kurikulum dalam peminatan Entomologi Kesehatan.

Seminar Nasional Hari Nyamuk ini diisi oleh pembicara kunci Dr.H. M. Subuh, MPPM dengan topic “Mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pengendalian Penyakit Tular Vektor”, berlanjut dengan presentasi panel oleh tujuh pemateri lain dengan topik beragam. Usai seminar, dilanjutkan dengan presentasi oral yang diikuti lebih dari 25 peserta dari berbagai instansi.

Pada presentasi oral dibagi menjadi empat topik. Tiap peserta dapat memilih topik mana yang ingin diikuti. Topik tersebut adalah; Pengendalian Vektor, Resistensi terhadap Insektisida, Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan vektor, dan Biologi nyamuk.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.