Kursus Biologi Molekuler dan Imunologi 2017

S2 Tropmed UGM – Agenda tahunan Kursus Biologi Molekuler dan Imunologi yang diselenggarakan oleh S2 Ilmu Kedoteran Tropis FK-UGM berjalan dengan lancar. Kursus tersebut berlangsung pada selama enam hari (03 – 08 April 2017). Lokasi kursus tetap sama dengan tahun lalu, perkuliahan di Gedung Pascasarjana dan praktikum di Gedung Radioputro (Departemen Parasitologi dan Patologi Klinik).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kursus ini berlangsung selama 6 hari dan seluruh peserta mengikutinya. Tahun ini formatnya berbeda. Kursus dibagi menjadi dua bagian, peserta dibebaskan memilih salah satu kursus atau keduanya. Tiga hari pertama dilakukan Kursus Biologi Molekuler, dan tiga hari terakhir khusus untuk Kursus Imunologi.

Perubahan ini merupakan bagian dari evaluasi panitia pada tahun-tahun sebelumnya. Banyak masukan dari peserta agar kursus tersebut dibagi menjadi dua, dan peserta bisa memilih sesuai dengan minatnya. Jumlah peserta pada kursus Biologi Molekuler sebanyak 25 peserta. Sedangkan kursus Imunologi sejumlah 27 peserta.

Peserta kursus dari berbagai instansi, antara lain Unhas, Unpad, RS Hasan Sadikin Bandung, BIMC Hospital Bali, Univ. Trisakti Jakarta, USU, Atmajaya Jakarta, UMS Semarang, Univ Jenderal Achmad Yani Bandung, RSUD Dr. Moewardi, Univ Swadaya Gunung Jati, Undip, UB Malang, PT Biofarma, RS Dr Soetomo, Unair, RSUD Pringadi Medan, Univ Sriwijaya, TNI AD Medan, dan beberapa peserta dari lingkungan UGM.

Kursus ini diatur sesuai jadwal berkaitan dengan pemberian materi dan praktikum. Bagi yang mengambil kursus Bilogi Molekuler kegiatan praktikum berlangsung di Departemen Parasitologi. Di sana praktikum yang dilakukan selama dua hari adalah Isolasi DNA dari berbagai sampel dan Analisis DNA dengan PCR dan Elektroforesis.

Bagi peserta yang mengambil kursus Imunologi, praktikum dilakukan di dua tempat. Hari Jum’at saat praktikum Uji Fagositosis Makrofag dilakukan di Departemen Parasitologi (Gedung Radioputro lantai 4). Sementara praktikum Elisa dan Flowcytometri pada hari sabtu dilaksanakan di Departemen Patologi Klinik (Gedung Radioputro lantai 5).

Pada penutupan hari sabtu, peserta kembali diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan mengevaluasi kegiatan kursus tersebut. Nantinya segala masukan akan menjadi pertimbangan pada kursus selanjutnya di tahun 2018. Kursus Biologi Molekuler dan Imunologi biasanya berlangsung pada bulan Maret di tiap tahun. Jika ada yang berminat untuk bertanya-tanya, bisa menghubungi narahubung S2 Ilmu Kedokteran Tropis – FK UGM.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.