Tropmed -, Mahasiswa program studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di SD Negeri Kataan, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan pada hari Senin (22/07/2024) dengan mengusung tema “Cegah Demam Berdarah Dengue, Dimulai dari Kita”. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari kedua lembaga pendidikan dalam upaya menciptakan lingkungan bersih dan sehat agar terhindar dari demam berdarah dengue. Sebagai salah satu program studi di FK-KMK UGM yang mempelajari tentang berbagai jenis penyebaran vektor (nyamuk), program studi kedokteran tropis terus berupaya memberikan edukasi kepada publik mengenai apa saja bahaya dan yang ditimbulkan salah satunya adalah demam berdarah. Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk dan menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia (Data World Health Organization, 2021). Pada awal tahun 2020, WHO memasukkan dengue sebagai salah satu ancaman kesehatan global diantara 10 penyakit lainnya menjadikan penyakit ini sebagai penyakit yang memerlukan perhatian serta penanganan khusus.

Salah satu bentuk pencegahan demam berdarah dengue dapat dimulai dari lingkup sekolah. Tak jarang sekolah yang menjadi aktivitas sehari-hari oleh siswa dapat menjadi sarang penyebaran nyamuk demam berdarah dengue apabila tidak dirawat dengan baik. Pendidikan kesehatan juga sangat penting diberikan  untuk mengendalikan penyakit demam berdarah. Upaya lain yang juga penting adalah edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Kegiatan PHBS di lingkungan sekolah sendiri berupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, konsumsi makanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga yang teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di lingkungan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, dan melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain berupa pengecekan kesehatan guru dan siswa, seperti penimbangan berat badan, tinggi badan, golongan darah, dan cek kesehatan mata. Hasil dari pemeriksaan kesehatan guru dan siswa disampaikan secara langsung untuk melihat bagaimana perkembangan kondisi tubuh mereka. Selain itu, siswa juga diajari bagaimana untuk menjaga kebersihan dengan baik dengan praktik membersihkan tangan. Ada pula pemasangan pohon cita-cita sebagai salah satu media bagi siswa dalam mengekspresikan harapan mereka di masa depan. Seluruh kegiatan disampaikan dengan semenarik mungkin agar dapat dipahami oleh guru dan siswa. “Kami sangat senang dengan kehadiran teman-teman dari kedokteran tropis yang mau memberikan edukasi tentang demam berdarah kepada siswa. Siswa juga tertarik dengan materi yang disampaikan. Semoga bisa dipelajari dengan baik oleh mereka”, ujar Rini Astini selaku kepala sekolah SD N Kataan, Temanggung.

Salah satu dosen pendamping mahasiswa yaitu Prof. dr. E. Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes., Ph.D. juga ikut serta memberikan pemaparan materi dengan mengajak siswa mendongeng bersama. Materi dongeng tersebut bercerita tentang berbagai bakteri dan virus yang sering menyerang sistem kekebalan imun manusia, namun disajikan dalam bentuk yang menarik. “Kita melakukan pengabdian disini bukan sekedar memberikan materi saja, namun kita berharap apa yang kami sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh guru dan siswa agar bermanfaat di kemudian hari”, kata Prof. Elsa. Agar semakin interaktif, siswa juga turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut dan berbagi pengetahuan mereka seputar demam berdarah dengue. Seluruh materi pengabdian masyarakat magister kedokteran tropis UGM seperti poster kesehatan, infografis dalam bentuk banner dan buku dongeng edukasi turut serta diserahkan kepada pihak sekolah untuk menjadi media pembelajaran bagi mereka.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam menjaga kebersihan sekolah agar terhindar dari nyamuk demam berdarah dengue. Prodi magister ilmu kedokteran tropis FK-KMK UGM juga berencana untuk melanjutkan program pengabdian masyarakat ini sebagai bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi. Nantinya tema kegiatan juga akan berubah juga menyesuaikan dengan lokasi pengabdian, urgansi tema dan apa saja bidang keilmuan dari kedokteran tropis.

Penulis: Fikri Wahiddinsyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.