, , ,

Pelajari Pengelolaan Obat-Obatan dan Vaksin, Mahasiswa Kedokteran Tropis UGM Lakukan Kunjungan ke RSA UGM dan Puskesmas Wonosari 2

Tropmed,- Penyakit tropis masih menjadi masalah kesehatan yang signifikan di banyak wilayah, termasuk di Indonesia. Upaya untuk meningkatkan pemanfaatan obat dan vaksin untuk penyakit tropis menjadi sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang rentan terhadap penyakit-penyakit tersebut. Manajemen pengendalian penyakit juga penting dilakukan agar dapat dikelola semaksimal mungkin melalui pengecekan obat-obatan dan vaksin yang diedarkan di masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan oleh mahasiswa dari Magister Ilmu Kedokteran Tropis, Universitas Gadjah Mada.

Pada Senin (27/04/2024) lalu, mahasiswa didampingi dosen dan tenaga kependidikan melakukan kunjungan lapangan ke RSA UGM dan Puskesmas Wonosari II. RSA UGM sebagai rumah sakit akademik memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Melalui kunjungan ke RSA UGM, mahasiswa dapat memahami lebih dalam tentang sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit akademik serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pasokan dan pemanfaatan obat dan vaksin untuk penyakit tropis. Sementara itu, kunjungan ke Puskesmas Wonosari II memberikan gambaran yang lebih konkret tentang implementasi strategi dalam konteks pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di daerah. Mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pasokan obat dan vaksin serta memastikan pemanfaatannya secara optimal oleh masyarakat. “Obat-obatan dan vaksin merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dan harus terus dijaga kualitasnya untuk mendukung kebermanfaatan bagi umat manusia”, ujar Prof. dr. Jarir At-Thobari, D.Pharm., Ph.D. selaku dosen pendamping kunjungan mahasiswa.

Kegiatan kuliah lapangan ini merupakan bagian dari pembelajaran mahasiswa Program Studi Ilmu Kedokteran Tropis di Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kuliah lapangan dari mata kuliah “Strategy to Improve Supply and Utilization of Drugs and Vaccine for Tropical Diseases”. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang strategi yang dapat digunakan dalam pemanfaatan obat dan vaksin untuk penyakit tropis yang menjadi fokus studi mereka.

Penulis: Fikri Wahiddinsyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.