,

Prodi IKT UGM Kembali Menyelenggarakan Kegiatan Online Guest Lecture

Tropmed – (25/07/2023) Pada Jumat, 21 Juli 2023 program studi magister Ilmu Kedokteran Tropis Universitas Gadjah Mada telah melaksanakan kembali kegiatan Online Guest Lecture dengan tema “The importance of surveillance vectors and vector control for the control and elimination of vector-borne diseases”. Kegiayan ini diikuti oleh setidaknya 150 peserta dari berbagai negara di dunia melalui platform Zoom Meeting. Narasumber online guest lecture kali ini adalah Neil F. Lobo, seorang Research Professor – Biological Sciences dari Department of Biological Sciences, Eck Institute for Global Health, University of Notre Dame, Indiana, USA.

Pada kegiatan tersebut, peserta diberikan pembekalan informasi mengenai bermacam-macam jenis penyakit vektor yang ada di berbagai negara serta bagaimana cara mencegahnya. Salah satu upaya pencegahan penyebaran penyakit vektor adalah dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas penyebaran penyakit vektor dan mengontrol penyebaran virus tersebut. Selain itu, pemberian edukasi kepada warga masyarakat juga diperlukan karena dapat menghambat penyebaran pengakit vektor di kemudian hari.

Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi bersama antara peserta dan narasumber yang dipandu langsung oleh moderator. Kegiatan berjalan dengan lancar hingga akhir sesi acara.