, ,

Guest Lecture Epidemiology, Control and Management of NTD – Leishmaniasis Dr. Ilham Zaidi

Tropmed UGM – Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM kembali mengadakan kuliah tamu pada hari selasa (15/11) secara daring. Dosen tamu yang diundang mengisi perkuliahan adalah Dr. Ilham Zaidi. Beliau merupakan Petugas Program (NTDs) at PATH India.

Kuliah tamu kali ini bagian dari matakuliah Epidemiologi, Control and Management of NTD yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis. Matakuliah tersebut diambil oleh seluruh mahasiswa Internasional Implemetation Research.

Topik perkuliahan yang dipaparkan oleh Dr. Ilham Zaidi bertema Epidemiology, Control and Management of Leishmaniasis. Leishmaniasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh protozoa parasit Leishmania yang ditularkan melalui gigitan lalat phlebotomus betina.

Terdapat beberapa bentuk leismaniasis, yaitu leismaniasis kutaneus, yang sering dijumpai dan bermanifestasi pada kulit; leismaniasis mukokutaneus, yang bermanifestasi pada bagian kulit dan mukosa; leismaniasis viseral atau kala-azar, yang melibatkan beberapa organ internal seperti limpa, hati, dan sumsum tulang.

Status endemi visceral leishmaniasis (VL) diantaranya adalah Brasil, Ethiopia, India, Kenya, Somalia, Sudan Selatan, dan Sudan. Dr. Ilham Zaidi juga menerangkan jenis VL atau Kala-Azar merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian khusus di India, dan sudah sejak tahun 1990 pemerintah India memulai Control Program Kala-Azar.

Pada perkuliahan ini, beliau memaparkan strategi yang dilakukan untuk mengeliminasi Kala-Azar. Adapun yang dilakukan antara lain: Mendiagnosis dini dan manajemen kasus yang menyeluruh; Adanya manajemen pengendalian dan surveillance vektor yang terintegrasi; Tersedianya advokasi, komunikasi, dan pemberdayaan masyarakat; dan Memonitoring, surveillance, dan evaluasi program.

Perkuliahan tamu ini diikuti sekitar 40 mahasiswa dari berbagai program magister dan terbuka untuk umum. Kali ini, perkuliahan tamu dilaksanakan secara daring dan dimoderatori oleh drh. Kharisma Dewi, MPH. Sebelum perkuliahan selesai, mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya ataupun diskusi.

Guest Lecture ini memang menjadi agenda rutin tiap prodi di FK-KMK UGM dengan tujuan memperbarui ilmu yang berkembang dengan mendatangkan narasumber dari berbagai negara terkait topik tertentu. Harapannya, mahasiswa bisa mendapatkan asupan ilmu lebih banyak dari para dosen tamu yang diundang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.