, ,

Mahasiswa IKT Ikut Pengabdian Masyarakat di Ponpes Ali Maksum Yogyakarta

Tropmed UGM – Limamahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM terlibat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan Departeman Parasitologi di Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan selama satu hari, kamis (22/09) dengan tema Edukasi Pencegahan Penyakit Tular Vektor di Lingkungan Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum, Yogyakarta. Edukasi ini melibatkkan 200 siswa/siswi SMA Ali Maksum kelas X DAN XI bersama guru serta pengasuh ponpes.

Tujuan adanya edukasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan santri pada penyakit tular vektor yang ada di lingkungan sekitar; mengenalkan santri dengan vektor penyakit terutama demam berdarah Dengue (DBD), yaitu nyamuk Aedes aegypti, dan siklus hidupnya; dan memberikan edukasi terkait kegiatan pengendalian vektor di lingkungan pondok pesantren dengan 3M (menguras, menutup, dan mengubur) dan pembuatan ovitrap.

Pengabdian Masyarakat ini menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM. Adapun mahasiswa prodi yang turut andil di Pengabdian Masyarakat tersebut adalah; Alfin Harjuno Dwiputro, Fiola Tiariani Siregar, Pulung Dwisari, Detty Intan Sari, dan Haryo Dimasto Kristiyanto.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.